Teh, Olahraga, Vitamin D Tekan Risiko Dementia
Kebiasaan tertentu seperti minum teh, olahraga, dan mengonsumsi vitamin D secara teratur dapat membantu mencegah dementia. Demikian hasil penelitian baru yang dipresentasikan Asosiasi Internasional Alzheimer di Honolulu, AS.
Dementia adalah gangguan pada fungsi kognitif yang dapat disebabkan oleh penuaan, trauma di kepala atau akibat dari suatu penyakit. Penderita Dementia umumnya mengalami masalah dalam kemampuan mengingat, kemampuan konsentrasi dan kemampuan bicara. Dementia umum terjadi di usia lanjut, namun ada pula yang terjadi di usia muda.
Penelitian pertama, mengenai risiko kardiovaskular dilakukan oleh peneliti dari rumah sakit Brigham and Women di Boston. Riset ini dilakukan pada lebih dari 1.200 orang, dengan 242 orang di antaranya mengidap dementia. Terbukti, mereka yang sering menjalani aktivitas fisik, lebih rendah terkena risiko dementia sekitar 40%. Sedangkan mereka yang jarang sekali berolahraga, lebih mungkin terkena risiko dementia sekitar 45%.
Penelitian kedua, dilakukan selama 14 tahun pada lebih dari 4.800 pria dan wanita yang berusia 65 tahun ke atas. Hasil riset menemukan, mereka yang minum teh sebanyak satu hingga empat kali seminggu, memiliki 37% lebih rendah terkena dementia, dibandingkan mereka yang tidak minum teh sama sekali.
Penelitian ketiga, membuktikan vitamin D berpengaruh pada kesehatan otak. Penelitian yang dilakukan pada 3.325 orang dengan usia 65 tahun ke atas di Amerika Serikat membuktikan, mereka yang kekurangan vitamin D memiliki kemungkinan 42% lebih tinggi menderita kerusakan kognitif.
“Semakin banyak riset yang menyarankan untuk mengubah gaya hidup, diharapkan dapat menghentikan risiko gen, yaitu suatu fenomena yang dikenal dengan epigenetik,” kata Murali Doraiswamy dari Duke University.
Sumber: Liputan6.com
Leave a Reply